WAKIL APINDO NTT FAHMI ABDULLAH HADIRI PERTEMUAN SAUDAGAR BUGIS MAKASSAR (PBSM) KE XXIII TAHUN 2023

Pemred Liputan NTT
0

Kupang,LIPUTANNTT.com,Ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Provinsi NTT, H.Darwis memimpin 30 saudagar Bugis menghadiri Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XXIII di Makassar, Minggu 30 April 2023 lalu.


PSBM kali ini dihadiri kurang lebih 1.600 peserta dari seluruh Indonesia bahkan dari beberapa negara luar.


Salah satu Saudagar Bugis NTT yang turut hadir, yakni Fahmi H. Abdullahi, SE mantan Ketua HIPMI NTT. Fahmi yang sekarang menjabat Ketua Japnas NTT dan Wakil Ketua Apindo NTT itu menjelaskan, isu mendasar Pertemuan Saudagar Bugis Makassar tahun ini adalah mendorong dan menciptakan saudagar-saudagar tangguh dan profesional serta fokus.


"Fokus artinya kesaudagaran itu menjadi utama, menjadi pokok atau core aktivity. Adapun kegiatan lainnya seperti politik adalah lampiran. Jangan sampai politik menjadi pokok dan saudagar menjadi lampiran. Saudagar adalah rohnya sehingga nantinya akan muncul saudagar-saudagar tangguh dan profesional, pantang menyerah apapun suasana politik ia tetap eksis dari generasi ke generasi," jelas Fahmi.


Owner Jabal Mart itu menambahkan, dengan filosofi Bugis Makasar Mandar Toraja, di mana bumi dipijak, di situlah langit dijunjung. Di setiap daerah seluruh Indonesia, Saudagar Bugis Makassar Mandar Toraja harus menjadi Mercusuar, menjadi penerang, menciptakan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja buat masyarakat setempat, menjadi Rahmatan lil Alamin.


Dia lanjutkan, acara dibuka Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman. Hadir Menteri Pertanian 2014-2019 Andi Amran Sulayman, Ketua Pengurus Pusat KKSS Muhlis Patahna, dan sesepuh KKSS sekaligus Owner Bosowa Grup Haji Aksa Mahmud, yang sangat berkesan terhadap peserta dari seluruh indonesia.


"Alhamdulillah bisa sholat berjamaah dan berdiskusi lepas bersama sesepuh, mentor dan penasehat BP KKSS Bapak Haji Aksa Mahmud Owner dari Bosowa Grup. Banyak nasehat dan info positif didapat dari beliau terkait jatidiri seorang pengusaha/saudagar yang harus sustainable," sambung Fahmi.(jsy)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa