PENGABDIAN PADA MASYARAKAT: PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI UPAYA MITIGASI LINGKUNGAN DALAM PENURUNAN ANGKA STUNTING DI WILAYAH KEPULAUAN SEMIRINGKAI DAN PARIWISATA , Dr. Marylin S. Junias,ST., M.Kes, DKK. FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NUSA CENDANA 2023

Pemred Liputan NTT
0

 


 


 

 

 

 

 

ROTE,LIPUTANNTT.com,Universitas Nusa Cendana (UNDANA) adalah merupakan satu-satunya Universitas Negeri di Wilayah Nusa Tenggara Timur. Dari tahun ketahun, UNDANA selalu mampu bersaing dengan universitas negeri di luar dari NTT. Hal ini karena UNDANA selalu (harus) siap dan mampu menghadirkan inovasi dalam peningkatan kualitas Tridharma PT. Adapun kegiatan tri dharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh para dosen adalah bidang  Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Seluruh sivitas akademika di kampus bertanggung jawab terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang dinilai sebagai capaian kinerja. Menjawab kewajiban tersebut, Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes dkk, melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) yang didukung oleh dana DIPA FKM Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Kabupaten Rote, Desa Baadale pada tanggal 1 Juli 2023, dimulai dari jam 09.00 wita dan selesai pada jam 13.30 wita, yang berlangsung dengan baik.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan berjudul  Pemberdayaan Masyarakat Sebagai Upaya Mitigasi Lingkungan Dalam Penurunan Angka Stunting Di Wilayah Kepulauan Semiringkai dan Pariwisata. Sasaran kegiatan ini adalah ibu balita dan ibu hamil di Kab Rote Ndao, khususnya di Desa Baadale. Tujuan yang ingin dicapai adalah peningkatan pengetahuan ibu balita mengenai sanitasi lingkungan dan pola asuh ibu dalam upaya penurunan angka stunting. Kegiatan ini menggunakan metode dengan ceramah, diskusi, tanya jawab, dan simulasi. Kegiatan berupa edukasi tentang kesehatan sanitasi lingkungan dan pola asuh ibu dalam upaya        penurunan angka stunting. Selanjutnya dilakukan monitoring evaluasi pada bulan berikutnya terhadap keberlanjutan hasil edukasi.

 

Tim pelaksana di ketuai oleh  Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes, beranggotakan dosen yaitu Enjelita Ndoen SKM, MPH, mahasiswa  FKM : Atarini A. Lona, SKM, dr. Claudya Sudarmadji, S.Ked, Yulens Sanda serta 5 orang staf kependidikan yaitu Yohanis Gajo, irving Pa padja Isu, Emi Touselak, Anton Haumaten dan vemy Adoe. Kegiatan diawali dengan acara pembukaan dengan sambutan oleh ketua tim PPM, yaitu Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes dan Kepala desa Baadale, bapak Mikron M. Polly, sekaligus membuka kegiatan PPM yang diakhiri dengan doa. 


"Selanjutnya kegiatan PPM diawali dengan penyampaian materi sanitasi lingkungan dan pola asuh ibu dalam upaya penurunan angka stunting oleh Atarini A. Lona, SKM yang dilanjutkan oleh Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes mengenai Mitigasi Lingkungan sosbud untuk mengurangi gisi buruk dan stunting, yang mana salah satu cara yang bisa diterapkan adalah subsitusi/ penggantian bahan makanan serta kreatifitas menu lokal dalam menyediakan makanan sehat bagi balita, ibu hamil dan keluarga. Tanya jawab dan diskusi melengkapi kegiatan edukasi tersebut. Disamping itu, ketua tim PPM, Dr. Marylin S. Junias, ST., M.Kes memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp. 4.000.000,- yang dibagi pada 20 ibu balita/ hamil yang berada pada kondisi kurang baik ekonominya, sebagai dukungan perbaikan gizi keluarga. 

Bantuan diberikan secara simbolis lewat kepala desa Baadale, bapak Mikron M. Polly. Hadir pula mengikuti dan menyaksikan menyerahan sumbangan adalah kepala Pustu ibu Rose Suki, Ketua PKK ibu Helly Manafe dan Kasi Pelayanan pada Kantor Desa Baadale, ibu Febby Ndolu. Melalui evaluasi kedepan, harapannya bantuan lunak tersebut bisa digunakan untuk membeli ternak ayam atau bibit tanaman sayuran untuk dikembangkan sehingga bisa menunjang dapur hidup keluarga serta kebutuhan pemenuhan asupan gizi seperti telur, dan susu.(*)


 

 



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa