SAMBUT HUT RI KE 78 KELURAHAN SIKUMANA GELAR PENTAS SENI DAN OLAHRAGA

Pemred Liputan NTT
0

KOTA KUPANG,LIPUTANNTT.com,Kelurahan Sikumana  menggelar Pagelaran Expo Budaya Sambut HUT RI ke 78 pada Selasa, 8/8/23).


Pj.Wali Kota Kupang hadir didampingi Irwasda  Polda NTT , beserta pimpinan OPD berlangsung di Lapangan Sepakbola Moina, Kelurahan Sikumana.


Penjabat wali kota dalam sambutan membuka Pagelaran Expo Budaya memuji semangat dan kreatifitas masyarakat, karang taruna pemuda dan semua pihak di kelurahan Sikumana yang sudah menggelar event seni dan budaya dengan titel Pagelaran Expo Budaya HUT RI ke 78.


Penjabat Wali Kota kembali mengulang bahwa untuk event Tahun 2023 pemkot hanya menganggarkan Rp15 juta untuk event pagelaran atau festival seni dan budaya, tapi tahun 2024 akan dianggarkan Rp25-35 juta.


penjabat mengingatkan bahwa tahun 2023 Pemkot Kupang sudah menganggarkan dana pembinaan Karang Taruna sebesar Rp200 juta untuk mendukung karang taruna di kota kupang, “saya tidak tahu sudah pakai atau belum silahkan tanya ke karang taruna . Dan Rp15 juta untuk kegiatan pagelaran di 2023.” Ujar Penjabat

Selain itu untuk cabor Tinju sebagai cabor super prioritas yang sudah lahirkan dua petinju legendaris adal NTT ke Olimpiade. Ada Irjen Jony Asadoma yang saat ini menjabat KAPOLDA NTT adalah petinju pertama yang pecahkan rekor  tinju NTT ke Olimpiade dan Hermensen Ballo yang dua kali ke Olimpiade yang menjadikan NTT memiliki nama lewat cabor ini yang setiap PON menyumbang medali untuk NTT dan Indonesia. 


Terima kasih untuk Pertina Indonesia dan NTT. Tahun 2023 Pemkot Kupang sudah anggarkan Rp350 juta untuk dana pembinaan bagi pembinaan atlit kota Kupang untuk persiapan bersama NTB NTT akan jadi Tuan Rumah sea games 22 2028.” Kata George bersemangat.


Kalender event seni dan budaya bertujuan membangkitkan semua potensi seni dan budaya di seluruh kota kupang bahwa kita adalah wilayah yang kaya dan eksotik untuk menjadikan pariwisata sebagai prime mover perekonomian NTT dan saya ditunjuk oleh gubernur untuk mendukung semua ini.

“Oleh karena itu semua event seni dan budaya dan olahraga yang menjadi milik masyarakat keluarahan Sikumana maka semua masyarakat harus datang dan saksikan kekayaan seni, budaya dan olahraga dari masyarakat untuk masyarakat. Maka kota ini akan hidup 24 jam menjadi kota yang sejahtera.” Ujar George dengan tegas

Panitia pelaksana melaporkan bahwa tujuan digelarnya Pagelaran Expo Budaya dan Olahraga adalah sebagai wahana pemersatu meningkatkan rasa bela negara dan keutuhan NKRI, ajang hiburan bagi masyarakat kelurahan Sikumana dan sekitarnya, wahana untuk tingkatkan motivasi pemuda yang punya bakat dan minat dalam bidang seni budaya dan olahraga, sebagai momen bagi seluruh masyarakat memaknai semangat dan perjuangan para pahlawan dan memperkokoh rasa bangga sebagai bangsa Indonesia.


Selain itu lewat kegiatan ini panitia berharap akan ada peningkatan rekonsiliasi kepentingan antara pemimpin di kota ini untuk mengangkat prestasi olahraga dari kelurahan Sikumana menuju prestasi yang lebih maksimal.


Secara khusus bagi masyarakat Sikumana dan  sekitarnya yang punya minat dan bakat pada cabor tinju, sepakbola,tarik tambang dan pentas seni.


Dalam event ini ada berbagai kegiatan yakni  open sparing tinju antar sasana tinju sekota Kupang yang akan berlangsung Selasa, 8-11 Agustus 2023

Sepak bola antar RW Sekelurahan Sikumana yang sudah berlangsung sejak 26 Juli dan akan berakhir pada 17 Agustus, Lomba Tarian Ja’i antar RW se kelurahan sikumana (15 dan 16 Agustus), lomba tarik tambang 9-10 Agustus, Lomba Gerak jalan antar sekolah kelurahan Sikumana  (12 Agustus), Lomba Foti dan Gerak Jalan santai serta donor darah. 


Kebutuhan anggaran untuk event ini Rp120 juta yang diperoleh dari usaha dana panitia, sumbangan  seluruh masyarakat Kelurahan Sikumanan melalui RT  dan sumbangan seluruh pelaku usaha yang ada di kelurahan sikumana , Turut hadir dalam acara tersebut PJ.WALIKOTA, Perwakilan KAPOLDA NTT, CAMAT MAULAFA, LURAH SIKUMANA, KETUA KARANG TARUNA KOTA KUPANG, KOMINFO KOTA KUPANG RT-RW , TOKO MASYARAKAT, TOKO AGAMA, TOKO ADAT SERTA INSAN PERS.(*)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa