Join Camp Gudep 029-030: Membentuk Karakter, Memupuk Solidaritas, dan Merawat Alam Bersama Pramuka di Kupang Timur

Pemred Liputan NTT
0

OELAMASI,LIPUTANNTT.com,Gudep 029-030 Pangkalan UPTD SMPN 1 Kupang dan Gudep Persiapan Pangkalan SMPN 2 Kupang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tengah menggelar perkemahan akhir tahun atau join camp. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai Jumat (08/12/2023) hingga Minggu (10/12/2023), dihadiri oleh ratusan siswa SMPN 1 Kupang dan SMPN 2 Kupang Timur, didampingi puluhan senior dan para pembina.


Dengan tema "Mengembangkan Bakat Menjawab Tantangan Masa Depan Bersama UPTD SMPN 1 Kupang dan SMPN 2 Kupang Timur," join camp kali ini dihadiri oleh Kepala SMPN 2 Kupang Timur, Florince Lumba, S.Pd, bersama Kepala UPTD SMPN 1 Kupang, Yustinus Darmo, S. Fil, keduanya merangkap sebagai Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka (Mabigus). Apel siaga diadakan pukul 17.00 Wita di lapangan SMPN 2 Kupang Timur yang menjadi tuan rumah.


Dalam sambutannya, Kepsek SMPN 2 Kupang Timur, Florince Lumba, S.Pd, menyampaikan rasa bangga dan sukacita atas momen yang luar biasa di Lifubatu, Kupang Timur. Ia menekankan bahwa kegiatan ini bukan hanya ajang silahturahmi dan kekeluargaan, melainkan juga sarana berbagi pengalaman dan cerita baik guna membentuk pemimpin yang baik di masa depan.


"Saat ini adalah era digitalisasi yang tidak dapat dihindari, kita harus mampu menghandle diri kita. Kita harus memiliki kemampuan dan kesadaran untuk membentuk diri, dan itu hanya bisa dilakukan di dalam Pramuka," ucap Lumba dengan semangat.


Lumba menegaskan bahwa Pramuka memiliki peran krusial dalam membentuk karakter bangsa. Ia mengajak seluruh peserta untuk membentuk karakter yang lebih baik dan menjadi duta hal-hal baik selama bergabung dengan Pramuka

"Saat diwawancara, Florince Lumba, S.Pd, menjelaskan bahwa ide join camp ini berangkat dari kevakuman siswa setelah mengikuti ulangan semester. Kegiatan puncak esok hari, Sabtu (09/12/2023), melibatkan flying di Oesao dengan menggunakan tali, didampingi oleh tenaga medis dan Polisi," terangnya.


Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Kupang, Yustinus Darmo, S. Fil, menambahkan bahwa kegiatan serupa dilakukan setiap tahun. Untuk tahun ini, mereka menjajaki sekolah di luar kota untuk mengadakan kegiatan Pramuka bersama. Yustinus menyampaikan kegembiraannya dapat membawa siswa keluar untuk mengenal orang lain dan berbagi.


Join camp ini juga menjadi momen berharga bagi para peserta, seperti yang diungkapkan oleh siswi SMP 1 Kota Kupang, Chelsea Aleksandra Welvraat. "Perasaannya, kami sangat senang. Kami dapat bertemu teman baru. Kesan pertama, kami merasa seperti di rumah sendiri," tuturnya

Siswa SMPN 2 Kupang Timur, Akpol Rajalawa, juga mengaku senang karena mendapat kunjungan dan teman baru melalui kegiatan Pramuka ini. Harapannya, join camp ini dapat berjalan dengan baik dan semua peserta dapat saling menghargai.


Pantauan media ini  menunjukkan antusiasme tinggi dari para peserta join camp, tergambar dari semangat dan sukacita yang terpancar melalui yel-yel Pramuka dan kegiatan lainnya di dukung dengan cuaca dan alam yang bersahabat sehingga proses kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. (hm)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa