Karya Bakti Penghijauan Pelestarian Alam di KHDTK Oelsonbai Kupang.

Pemred Liputan NTT
0

KUPANG,LIPUTANNTT.com,Hari ini kita dari Korem 161/Wira Sakti, Lantamal VII Kupang dan Lanud El Tari Kupang bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan kegiatan penanaman pohon. Kegiatan seperti ini juga telah kita lakukan beberapa waktu yang lalu yaitu  Kick Off Pelestarian Alam secara serentak di  Kodim Jajaran Korem 161/Wira Sakti, sebagai bentuk Komitmen TNI AD bersatu dengan alam untuk NKRI.


Demikian disampaikan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Febriel Buyung Sikumbang,S.H.,M.M kepada awak media usai melaksanakan kegiatan Karya Bakti Pelestarian Alam di KHDTK Oelsonbai Kelurahan Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, Sabtu (30/12/23)


Lebih lanjut disampaikan harapan dari Danrem 161/Wira Sakti tentang kegiatan ini.


" Kami berharap kegiatan seperti ini kedepan dapat bersama sama kita lakukan lagi, dengan melibatkan seluruh elemen bangsa dan komponen masyarakat. Karena hal ini merupakan tanggung jawab kita bersama," jelas Danrem 161/Wira Sakti.


Danrem 161/Wira Sakti pada kesempatan ini juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya masyarakat di Kelurahan Fatukoa, bersama sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk menjaga, memelihara dan merawat pohon yang ditanam, terlebih lagi pohon yang ditanam ini adalah tanaman produktif yang juga kedepan bisa berdampak ekonomis bagi masyarakat kelurahan Fatukoa


Sementara itu Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Prov NTT Ir.Arief Mahmud,M.Sc dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan secara garis besar tentang kegiatan ini. 


"Kegiatan penanaman serentak ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi lahan kritis di Prov NTT dengan Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Tentunya upaya ini harus kita lakukan secara bersama sama seperti yang kita lakukan pada pagi hari ini agar NTT terhindar dari Bencana Hidrologis seperti kekeringan yang berakibat pada bencana kemanusiaan," jelasnya.


Dalam kesempatan ini disampaikan tentang luas lahan dan jenis pohon yang ditanam.


" Jumlah pohon yang kita tanam sejumlah 1500 pohon terdiri dari Pohon Pinang, Kadimbil, Kelengkeng,Jambu Bol, Jambu Mete dan Jambu Kristal dari Persemaian Permanen Fatukoa," jelasnya.


Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Prov NTT menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti yang telah mendukung dengan mengerahkan anggotanya untuk melaksanakan penanaman pohon.


Sementara itu Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK, 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Ary Sudijanto, MSE menyampaikan layar belakangnya dilaksanakannya kegiatan ini.


"Penanaman serentak yang kita laksanakan hari ini merupakan arahan langsung dari Presiden RI kepada seluruh unsur, seperti yang kita laksanakan pada pagi hari ini, terlebih lagi kesempatan menanam pada tahun ini sangat sempit."ungkapnya.


Salah satu Pelajar SMA Kristen Citra Bangsa Mandiri Kota Kupang,  Naesah Putri Amalo, sebagai green Ambassador atau Duta Lingkungan menyampaikan harapannya tentang kegiatan ini.


"Harapan saya tentu saya ingin lebih produktif menjaga alam karena sudah dilantik, maka akan ada tanggung jawab yang besar, dan saya ingin mengajak teman-teman semua untuk peka terhadap lingkungan kita karena kita tinggal di alam dan kita harus pelihara", harapnya.


Duta lingkungan menambahkan bahwa ini sungguh luar biasa karena kami bisa berinteraksi dengan banyak orang, belajar mengenai lingkungan, bibit, pertanaman dan bagaimana cara kita untuk mengelolanya. 


Ditempat yang sama, salah satu tokoh masyarakat, Selfianus Amnahas menyampaikan  terimakasih banyak kepada Korem 161 yang sudah membantu dan merawat lingkungan ini.


"Hari ini kami sangat senang melihat bapak-bapak TNI turun di kampung kami atau hutan lindung ini untuk menanam pohon. Harapan saya kegiatan ini bisa berlanjut di tempat-tempat yang lahan masih kosong supaya suasananya sejuk dan akhir-akhir ini memang panas sekali dikarnakan kurangnya pohon. semoga dengan adanya kegiatan ini, Lingkungan ini bisa kita jaga dan rawat", pungkasnya.


Peserta penanaman pohon terdiri dari anggota Makorem 161/Wira Sakti, Kodim 1604/Kupang, Balak Aju Kodam IX/Udayana, Mako Brigif 21/Komodo, Yonif 743/PSY, Yon Armed 20/GS, Yon Arhanud 9/AWJ,Kompi C Yon Zipur 18/YKR, dari TNI AL yaitu Lantamal VII Kupang, dari TNI AU yaitu Lanud El Tari Kupang, Dinas LHK Prov NTT,Balai Besar KSDA NTT, Balai PKHTL Wilayah XIV Kupang, Balai PDAS Benain Noelmina, Balai Penerapan Standard dan Instrumen KLHK, Balai Pelatihan LHK Kupang, Balai Wilayah Sungai NTT II, UPTD KPH Kota Kupang, UPTD KPH Kab Kupang, UPTD Laboratorium Lingkungan DLHK NTT, UPTD PSLB3 Kupang, Mahasiswa Undangan, Mahasiswa Politani Negeri Kupang, Dinas LHK Kota Kupang, Kecamatan Maulafa, Kelurahan Fatukoa dan unsur masyarakat lainnya.


Tampak hadir pada kegiatan penghijauan diantaranya; Danrem 161/Wira Sakti, Danlantamal VII/Kupang, Danlanud El Tari Kupang, Kepala Badan Standardisasi Instrumen LHK, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam, NTT, Kasrem 161/Wira Sakti, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti, Dandim 1604/Kupang, Danbrigif 21/Komodo, Danyon 743/PSY, Danyon Armed 20/BY, Danyon Arhanud, pejabat Lantamal VII Kupang, pejabat Lanud El Tari Kupang, Camat Maulafa, Lurah Fatukoa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh masyarakat dan sejumlah undangan lainnya.(penrem)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa