Samakan Persepsi Tentang Gagal Konstruksi, Fakultas Teknik UCB Adakan Seminar Nasional

Pemred Liputan NTT
0

 

KOTA1 KUPANG,LIPUTANNTT.com, Fakultas Teknik Universitas Citra Bangsa (UCB), akan menggelar Seminar Nasional. Untuk menyamakan persepsi bersama seluruh masyarakat, Aparat Penegak Hukum, Akademisi dan para pelaku Jasa Konstruksi, yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 Januari 2024, di Hotel Harper Kota Kupang. 


Demikian disampaikan Dekan Fakultas Teknik UCB, Dr. Ir. Andre W. Koreh, MT, IPM, Asean Eng. kepada tim media ini ketika ditemui di ruang kerjanya pada Kamis, 18/01/2024.


"Kami Adakan Seminar Nasional ini, dengan tujuan untuk menyamakan persepsi serta memberikan edukasi, advokasi dan sosialisasi, kepada para pelaku jasa konstruksi serta seluruh masyarakat, khususnya di NTT," jelasnya.


Ia memaparkan, kegiatan Seminar tersebut merupakan perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat.


"Sebai perwujudan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian masyarakat maka Fakultas Teknik UCB menggelar Seminar Nasional," tuturnya. 


Na, dalam konteks edukasi kepada publik ini kita samakan persepsi tentang apa yang disebut dengan kegagalan konstruksi dalam undang-undang Nomor II Tahun 2017 tentang jasa konstruksi, bebernya.


Menurutnya, akhir-akhir ini ada kecenderungan terjadinya kriminalisasi bagi para pelaku Jasa Konstruksi.


"Oleh karena itu, UCB ingin menggelar Seminar Nasional untuk bisa menyamakan persepsi bersama, dengan menghadirkan para ahli konstruksi, Ahli hukum sehingga memberikan edukasi kepada publik," tuturnya.


Menurut pengamatan pihaknya, hampir 70% anggaran pemerintah, baik itu Provinsi maupun Kabupaten/Kota digunakan untuk pembangunan jasa konstruksi atau belanja modal di bidang instruktur. 


"Oleh karena itu, Kami mengadakan Seminar Nasional ini dengan tujuan untuk menyamakan persepsi dalam pembangunan invastruktur, papar Dekan Fakultas Teknik UCB itu.


Karena itu, pihaknya telah mengundang para akademisi, pratiktisi, kontaktor, konsultan jasa konstruksi, asosiasi perusahaan, asosiasi pengusaha, dan aparat penegak hukum dalam Seminar Nasional tersebut agar dapat menyamakan pandangan dalam pemahaman tentang gagal kontruksi. 


Menurutnya, piihakanya menargetkan peserta seminar sebanyak 150 orang.


"Namun, saat ini peserta yang telah mendaftar sudah lebih dari 200 orang," ujarnya.


Pihaknya berharap, Seminar Nasional tersebut akan dibuka oleh Penjabat (PJ), Gubernur NTT. 


Selain Seminar,  lanjut Andre, pihaknya juga memiliki Pusat Studi Jasa Konstruksi. 


"Untuk Pusat Studi Jasa Konstruksi sendiri dalam konteks pengabdian Ini memiliki tiga agenda dasar yakni, Edukasi, Advokasi dan sosialisasi," jelas Andre.(*)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa