Lewat Pesiar Langkah Indonesia Menuju Universal Health Coverage Semakin Mantap

Pemred Liputan NTT
0

Kupang, LIPUTANNTT.com, Langkah Indonesia menuju Universal Health Coverage (UHC) semakin mantap. Implementasi Progam Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi (PESIAR) memiliki andil besar dalam mengantarkan berbagai daerah di nusantara mencapai UHC, termasuk salah satunya Kabupaten Kupang.

Tercatat per 1 Juli 2024, jumlah peserta JKN di Kabupaten Kupang mencapai 391.061 jiwa. Artinya, kini seluruh penduduk Kabupaten  Kupang sepenuhnya telah terlindungi jaminan kesehatan.

Melalui PESIAR, kami melibatkan pemerintah daerah untuk mempercepat cakupan
kepesertaan JKN hingga merambah pedesaan. Dengan PESIAR, harapan kami Program JKN  mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat, termasuk yang tinggal di daerah pelosok.

Program PESIAR juga melibatkan kerja sama tokoh masyarakat dan Agen PESIAR yang  ditunjuk langsung oleh pemerintah desa untuk melakukan pemetaan data penduduk di desa  tertentu, penyisiran wilayah berdasarkan hasil pemetaan, serta kegiatan advokasi dan  sosialisasi yang melibatkan aparat desa. Hasil dari advokasi akan dijadikan dasar untuk pendaftaran peserta JKN,” jelas Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Lily Kresnowati saat mengunjungi Desa Oesana, Kabupaten Kupang, Selasa (23/7/24).

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Program PESIAR diimplementasikan di 56
desa/kelurahan yang tersebar di 22 kabupaten/kota setempat, dengan melibatkan total 55
Agen PESIAR. Lily pun mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi NTT dalam
memastikan PESIAR terlaksana di seluruh desa setempat demi mewujudkan Program JKN
yang berkualitas dan berkesinambungan.

PESIAR ini menjadi salah satu langkah strategis yang mengantarkan Kabupaten Kupang dan  sejumlah daerah lainnya di NTT meraih UHC. Bahkan kini Kabupaten Kupang sendiri telah  menyandang predikat UHC dengan sistem non cut off.

Dengan demikian, penduduk yang  didaftarkan oleh pemerintah daerah dapat langsung menjadi peserta JKN aktif tanpa  menunggu bulan berikutnya,” jelas Lily.

Lily juga mengungkapkan bahwa usai mencapai UHC, maka langkah selanjutnya adalah
mendorong tingkat keaktifan peserta JKN.

Terlebih, Rencana Pembangunan Jangka  Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2025-2029 menargetkan tingkat keaktifan peserta  Program JKN mencapai 100%. Karena itu, diperlukan keterlibatan segenap pihak agar proses  reaktivasi peserta JKN bisa mencapai target yang ditetapkan.

” Begitu pentingnya Program JKN hingga pemerintah berulang kali menegaskan di berbagai
regulasi bahwa setiap penduduk Indonesia harus terlindungi jaminan kesehatan. Bagi yang
mampu, bisa menjadi peserta JKN mandiri. Bagi yang tidak mampu, bisa menjadi peserta
JKN yang ditanggung negara, baik menggunakan anggaran pusat maupun anggaran daerah.

Kami sangat mengapresiasi komitmen dan kerja keras yang luar biasa dari seluruh
pemerintah daerah di NTT sehingga kini setiap warganya bisa memiliki perlindungan finansial dan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif,” katanya.

Sebagai informasi, hingga semester I tahun 2024, Pemerintah Provinsi NTT telah
menggelontorkan Rp38,3 miliar untuk pembiayaan iuran JKN.

Lily, pun berharap hal tersebut
dapat menjadi pemantik bagi pemerintah daerah lainnya untuk ikut bergerak memberikan
perlindungan jaminan kesehatan secara konsisten dan berkelanjutan bagi warganya.

Sementara itu, Kepala Desa Oesana, Nelson Boymau mengatakan bahwa Program PESIAR erat kaitannya dengan program strategis nasional, yaitu menjadikan masyarakat sehat dan sejahtera melalui perlindungan jaminan kesehatan.

Ia mengungkapkan, biaya berobat sekarang mahal, karena itulah pihaknya proaktif mengajak masyarakat agar segera mendaftar  ke BPJS Kesehatan.

Apalagi mata pencaharian mayoritas masyarakat Desa Oesana bertani
dan beternak, sehingga terkadang penghasilannya tak menentu.

” Selain bekerja sama dengan Puskesmas, di desa ini juga sudah kami tunjuk salah satu
pemuda desa yang aktif bersosialisasi dan berlatar belakang pendidikan yang bagus, untuk menjadi petugas PESIAR.

Dia rutin berkeliling dari rumah ke rumah untuk mengedukasi dan merangkul masyarakat desa supaya terdaftar ke dalam Program JKN,” katanya.

Menurut Nelson, melalui proses sosialisasi dan edukasi yang rutin, masyarakat desa
setempat akhirnya semakin memahami pentingnya memiliki jaminan kesehatan.

Bahkan tak sedikit warga yang menuturkan kepada Nelson bahwa saat ini pelayanan bagi peserta JKN di fasilitas kesehatan semakin baik dan memuaskan.

Selain dengan BPJS Kesehatan, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang sudah menjadi peserta
JKN.

Jadi sekarang sudah sangat berkurang keluhan-keluhan soal berobat pakai BPJS Kesehatan, artinya masyarakat juga melihat ada perbaikan pelayanan dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Mesak Elfeto menuturkan bahwa
dilaksanakannya PESIAR ini telah banyak membantu proses pendataan kepesertaan JKN
masyarakat setempat.

Ia pun berharap melalui PESIAR, warga yang belum terdaftar Program  JKN bisa segera memperoleh perlindungan jaminan kesehatan yang memadai.

“Semoga PESIAR bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Dengan menjadi peserta Program JKN yang status kepesertaannya aktif, kami berharap seluruh penduduk Kabupaten Kupang bisa mengakses layanan kesehatan tanpa terkendala faktor biaya,” jelasnya.( Tim )

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa