Putria Salon Kota Kupang; 30 Orang Ikut Pelatihan Keterampilan Tata Kecantikan Rambut

Pemred Liputan NTT
0

 

Kupang,LIPUTANNTT.com,Guna mengurangi angka pengangguran dan angkan kemiskinan serta meningkatkan keterampilan SDM, Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan   Kebudayaan, Riset dan Teknologi  memberikan kepercayaan kepada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Putria Salon yang terletak di Jln. Bakti Karang No 5 kecamatan Oebobo Kota Kupang.


Demikian yang disampaiak oleh Ibu Adriana Maritje Pah., S.H., S.Pd, selaku Pimpinan/Penanggung jawab Program PKW  tahap 4 tahun 2024.


Lebih lanjut dikatakannya peserta pelatihan ini adalah remaja yang tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi dan yang belum punya pekerjaan. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini mereka dapat membuka usaha Salon Kecantikan sendiri sehingga dapat menambah penghasilan keluarga dan mengurangi tingkat kemiskinan di NTT khususnya di Kota Kupang.


Program pendidikan kecakapan wirausaha (PKW)  tahun 2024 dari direktorat kursus dan pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


"Jenis keterampilan ; Tata Kecantikan Rambut di ikuti oleh 30 peserta dengan durasi waktu 250 jam pelajaran, untuk memberikan pelatihan  dan bimbingan kepada peserta dalam berwirausaha khususnya memberikan kursus Tata Kecantikan Rambut  paparnya


Adriana Maritje Pah., S.H., S.Pd,  ingin perubahan pola pikir generasi muda untuk mengatasi persoalan di NTT Khususnya Kota Kupang.


Peserta pelatihan ini ada 30 orang dari 50 peserta yang memasukan persyaratan kursus dari remaja yang putus sekolah dan belum punya pekerjaan , yang terseleksi  30 orang yg memenuhi kriteria untuk mengikuti kursus. 


Setelah selesai kursus mereka di bentuk menjadi 6 kelompok Rintisan Usaha Binaan LKP Putria Salon. Serta di bekali peralatan salon dan bahan untuk modal usaha sehingga mereka dapat berwirausaha untuk mendapatkan penghasilan sehingga membantu perekonomian mereka.  


"Harapan saya untuk para remaja yang putus sekolah dan yang belum mempunyai pekerjaan  jangan pernah malu untuk mengikuti kursus agar dapat menambah wawasan dan keterampilan  serta mampu  berkompetensi di dalam dunia kerja. Dibutuhkan perubahan pola pikir generasi muda untuk mengatasi persoalan itu.


LKP Putria Salon Bekerja sama degan Eklesia Komputer Denex salon. Inaura cosmetic. Makarizo cosmetic. Sinergi beauty house. PT Linka jaya sentosa Diosis. Y2000. usaha perbankan. PT BRI Oebobo.Bank Mandiri. Platform digital. Gampang Go. Koperasi Swasti Sari.


Kabid Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) Kota Kupang ibu Roos Dethan, S.E Dalam sambutannya membuka kegiatan Kursus Tata Kecantikan Rambut kepada peserta Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW)  mengatakan bahwa 30 peserta yang telah terseleksi menjadi peserta kursus di LKP Putria Salon, harus merasa bangga dan bersyukur atas kesempatan ini.


" Teman-teman di luar sana yang belum mempunyai keterampilan dan belum mempunyai pekerjaaan yang tetap, mereka mencari kesempatan seperti ini namun belum mendapat, tetapi teman-teman yang ada pada saat ini hargailah kesempatan yang sangat baik dan tepat ini". 


"Kehadiran saudara di LKP Putria Salon ini guna mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan. Tentunya teman mengatakan bahwa tidak punya jiwa usaha, tetapi saya mau katakan bahwa disinilah teman akan dibentuk untuk menjadi wirausahawan melalui peningkatan  Sumber Daya Manusia (SDM),” kata Roos Dethan, saat sambutan di LKP Putria Salon.


Ibu Roos Dethan,S.E menyampaikan mengikuti kegiatan ini harus dengan sunguh-sunguh supaya bisa memperoleh pengetahuan dengan baik

Bahwa yang  paling penting dalam berwirausaha adalah adanya kemauan dan punya tekad. Jika anda memiiki  tekad  dan kemauan yang kuat pasti ada jalan. Beliau mengapresiasi keberhasilan Putria Salon yang dengan ketekunan, keyakinan dan kemauan keras dapat mengembangkan usahanya sehingga dapat dipercaya oleh pemerintah sebagai tempat pelatihan bagi para peserta.


Teman-teman kegiatan ini jarang di lakukan maka dari itu harus mengikuti dengan sunguh-sunguh supaya bisa memperoleh pengetahuan dengan baik keterampilan dengan baik dan pada akhirnya kalian akan bahagiakan diri sendiri karna sudah bisa menghasilkan uang sendiri. "Nanti dari ilmu yang akan didapat kalian akan sukses, ini perjalanan waktu yang cukup panjang",tegas Roos.( *Ret Wan*)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa