Bank Indonesia BI Perwakilan NTT Adakan Acara SAnte- SAnte Duduk Baomong Deng Media Terkait Digital di Daerah Terdepan

Pemred Liputan NTT
0

 


Kupang,LIPUTANNTT.com,Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT mengadakan acara SAnte-SANte Duduk BaOmong Deng meDIA (Sasando Dia) dengan tema “Digital di Daerah Terdepan” Baru -baru Ini bertempat di ruang Lasiana Lantai II, Kantor Perwakilan Bank Indonesia NTT.


Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati, menjelaskan bahwa Bank Indonesia memiliki dua misi utama yaitu menjaga kestabilan ekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Salah satu cara untuk mendukung pertumbuhan ekonomi adalah melalui digitalisasi, yang menjadi fokus utama Bank Indonesia.


Agus Sistyo Widjajati berharap digitalisasi dapat meningkatkan pendapatan daerah. Saat ini, pendapatan daerah masih belum optimal dan bergantung pada 85 persen penerimaan dari Jakarta. Oleh karena itu, penting untuk memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan potensi daerah, seperti dalam pembayaran pajak. 


Lebih lanjut sistem pembayaran Digital kini menjadi sahabat masyarakat dimana proses transaksi melalui online membuat pembayaran menjadi lebih cepat, efektif, serta lebih aman. Pembayaran Digital juga memiliki manfaat bagi konsumen lebih mudah dan hemat biaya serta memberikan peningkatan kenyamanan."harap sistyo.


Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT juga menjelaskan tentang rupiah digital yang direncanakan oleh Bank Indonesia. Rupiah digital akan menggantikan uang tunai dalam bentuk digital, namun hanya berlaku di wilayah Republik Indonesia. Pengembangan rupiah digital menghadapi beberapa tantangan, yang akan dibahas lebih lanjut.

selanjutnya diskusi ini disampaikan oleh Didiet Aditya Budi Prabowo, selaku Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT. Ia  menjelaskan tentang ekonomi keuangan digital yang berkembang saat ini semakin terintegrasi. 


Bank Sentral tetap menjamin fungsinya dalam peredaran uang, kebijakan moneter, dan stabilitas sistem keuangan. Ada lima inisiatif utama dalam blueprint digital, yaitu Infrastruktur, Industri, Inovasi, Internasional, dan Rupiah Digital. Dalam pengembangan digitalisasi terus didorong untuk menghasilkan terobosan kebijakan yang Inovatif." Jelas Didiet Aditya.(*/lpm)





Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa