Bersama Ketua Umum PB PASI, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake Sukses Buka Even Kupang Exotic Run 2024

Pemred Liputan NTT
0

 

KUPANG, LIPUTANNTT.com, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur bekerja sama dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), Bank Indonesia dan Bank NTT sukses menggelar even Kupang Exotic Run 2024. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 4.000 Pelari tersebut dibuka secara langsung dengan pengibaran bendera Start oleh Ketua Umum PB PASI yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan bersama Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake dan didampingi juga oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati, serta Ketua Umum Pengprov PASI NTT, Theo Widodo.  


Turut hadir pula pada kesempatan tersebut, Kapolda NTT, Irjen Pol Daniel Tahi Monang Silitonga, Danrem 161 Wira Sakti Kupang, Brigjen TNI Joao Xavier Barreto Nunes, Danlantamal VII Kupang, Laksamana Pertama TNI I Putu Darjatna, Penjabat Walikota Kupang, Linus Lusi, Penjabat Bupati Timor Tengah Selatan, Seperius Edison Sipa serta legenda Pelari asal NTT Welmince A. Sonbai dan Khatarina Nesimnasi.


Sebelum membuka even yang diselenggarakan di depan Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT tersebut, Ketua Umum PB PASI didampingi Pj. Gubernur NTT serta Unsur Forkopimda NTT yang tiba di lokasi kegiatan terlebih dahulu disambut dengan tarian Ja’i oleh para penari sanggar dan diterima secara adat Natoni oleh para Tokoh Adat sebagai bentuk kearifan lokal budaya NTT.


Kupang Exotic Run sendiri memperlombakan dua kategori yakni 5K dan 10K, dimana para peserta lari yang hadir terdiri dari berbagai kalangan baik para pelajar, para mahasiswa, para karyawan/i dari berbagai instansi pemerintah dan swasta hingga masyarakat umum juga turut antusias mengikuti perlombaan tersebut.


Diberitakan sebelumnya bahwa rute Kupang Exotic Run untuk kategori 5K dimulai Start dari depan Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT, melewati Jalan El Tari, menuju Taman Nostalgia dan beputar kembali di depan Gedung Keuangan NTT dilanjutkan hingga Finish di depan Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT. Sedangkan untuk 10K, para Pelari tidak memutari jalan depan Gedung Keuangan NTT melainkan berlari hingga Monumen Tirosa dan kembali Finish di depan Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT.


Dalam arahannya sebelum membuka secara resmi even tersebut, Ketua Umum PB PASI sangat mengapresiasi inisiatif diselenggarakannya kegiatan olahraga tersebut dan mendukung penuh even tersebut.


“Sebelumnya saya diinformasikan oleh Pak Pj. Gubernur NTT, bahwa di Kupang nanti akan diselenggarakan even lari. Tentu mendengar hal ini, saya sangat mendukung penuh ide tersebut,” ucap Ketum PB PASI dalam awal arahannya.


“Pak Ody Kalake (sapaan akrabnya) sendiri sebelum sebagai Pj. Gubernur NTT, beliau adalah Sesmenkomarves. Beliau adalah pemimpin yang paten, yang dapat memanage dengan baik setiap tugas dan tanggung jawab yang diberikan. Dan sekarang sebagai Pj. Gubernur, beliau juga salah satu yang dapat predikat terbaik atas berbagai ide-ide dan gagasan beliau. Dan khusus untuk inisiasi even lari ini, sekali lagi saya sangat apresiasi dan beri dukungan penuh, terutama even ini juga didukung oleh kolaborasi dari berbagai pihak terkait,” ujar Luhut.



Menkomarves juga mengapresiasi para legenda lari asal NTT serta antusiasme para pelari pada even Kupang Exotic Run tersebut dan berharap cabang atletik NTT dapat maju dan berprestasi.


“Saya juga sangat mengapresiasi para Pelari legenda NTT yang hadir bersama kita disini, Welmince Sonbai dan Khatarina Nesimnasi dimana mereka telah mengharumkan nama NTT dan juga Indonesia. Semoga kedepannya, lahir pula atlet atlet NTT lainnya. Karena saya percaya, NTT selalu lahirkan atlet atlet yang tangguh yang kedepannya dapat memberikan prestasi bagi cabang atletik NTT. Sekali lagi selamat berolah raga, Merdeka !!!.” pungkas Ketum PB PASI dalam momen tersebut.


Untuk diketahui, tema Exotic Run dipilih karena mempunyai ciri yang berbeda dengan even running lainnya, dikarenakan memasukan unsur budaya yang ditandai dengan pemakaian ikat kepala motif tenun bagi pelari pria dan selendang pinggang motif tenun bagi pelari perempuan untuk 100 pendaftar pelari pertama.


Selain itu, even ini juga akan dirangkai dengan pameran UMKM binaan dari Bank Indonesia, Bank NTT dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT serta Jazz Festival yang akan menghadirkan bintang tamu Krakatau Band dan sejumlah Band lokal NTT yang akan diselenggarakan pada malam harinya di halaman utama Gedung Sasando Kantor Gubernur NTT.(*)



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa