Desa Tiworiwu Bawa Nama NTT di Kancah Nasional Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

Pemred Liputan NTT
0

 

Bajawa,LIPUTANNTT.com, Kampung Adat Bena Desa Tiworiwu di Kecamatan Jerebu'u, Kabupaten Ngada mengangkat nama NTT di kancah nasional. Desa ini sukses masuk dalam 50 besar nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2024. Saat ini memasuki tahap penilaian akhir.


Direktur Tata Kelola Destinasi pada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Florida Pardosi mengunjungi Kampung Adat Bena di Desa Tiworiwu, Rabu  (14/8). Florida datang bersama dewan juri Joko Winarno dan Medaline Shopie Atik Wulandari.


Florida mengatakan kehadirannya bersama dewan juri karena dari 16.016 desa wisata seluruh Indonesia tahun 2024, Desa Tiworiwu masuk 50 desa terbaik. Desa ini berhak menerima Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024.


Penghargaan yang tinggi diberikan kepada masyarakat Desa Tiworiwu serta komponen masyarakat adatnya, juga para pendukung serta stakeholder terkait yang tetap menjaga keaslian Kampung Adat Bena.


Florida mengatakan penghargaan yang diberikan menjadi motivasi untuk keberlanjutan desa wisata tersebut, sehingga bisa naik kelas. Pihaknya tentu akan memberikan pendampingan dan dukungan sarana prasarana.


Ia berharap ke depan perlu mencari mitra strategis yang dapat berkolaborasi untuk pengembangan desa wisata tersebut.


Menurutnya, apa yang ditampilkan Desa Tiworiwu menjadi bagian dari penyelenggaraan wisata yang ada di desa, sehingga apa yang dinikmati dapat pula dinikmati seluruh wisatawan yang datang ke Desa Tiworiwu.


Menurutnya, setelah ditetapkan menjadi 50 desa wisata terbaik, maka pendampingan merupakan hal utama seperti sumber daya manusia juga dukungan sarana dan prasarana.


Pada kesempatan itu, salah satu dewan juri, Joko Winarno mengatakan dari 16.016 desa yang dinilai telah dilakukan verifikasi secara eviden terhadap dokumen. Dengan adanya visitasi dan penjurian tersebut, pihaknya mengecek secara langsung dokumen dan legalitas seperti apa yang dikirim melalui jaringan Desa Wisata.


Menurut Joko, ada lima kategori yang dinilai, yakni daya tarik wisata, amenitas seperti sarana pendukung, digitalisasi, lembaga dan sumber daya manusia serta yang terakhir adalah residence, yakni pengelolaan sampah dan mitigasi risiko bencana.


Plt. Asisten II Sekda Kabupaten Ngada, Methodius Reo Maghi mengatakan Pemerintah Kabupaten Ngada menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang memilih Desa Tiwuriwu masuk 50 besar ADWI 2024.


Ia mengapresiasi pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan pengelola serta masyarakat Kampung Adat Bena yang tetap melestarikan keaslian Kampung Adat Bena. 


Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia 

Untuk diketahui, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) telah dilaksanakan selama 3 tahun. Pada tahun 2021 diikuti oleh 1.831 desa wisata. Peningkatan yang signifikan terjadi pada tahun 2022 dengan total peserta 3.419 desa wisata. Pada tahun 2023 telah mencapai angka yang mengesankan, yaitu 4.573 desa wisata. 


Hingga saat ini sudah ada 175 desa wisata terbaik yang telah mendapatkan penghargaan. Tahun 2024 ini, Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) kembali diselenggarakan dengan mengangkat tema "Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia". Ini bukan hanya sebuah tema, tetapi sebuah visi untuk masa depan pariwisata di Indonesia.


Sasaran dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk terkumpulnya hasil penilaian dari 5 kategori penilaian dan tersusunnya profiling 50 Desa Wisata Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 dari proses Visitasi dan Penilaian yang dikunjungi oleh Dewan Juri dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.



Keistimewaan Kampung Adat Bena;

Tiworiwu adalah nama Desa Wisata di Kabupaten Ngada, NTT. Di Desa ini terdapat salah satu potensi wisata yang unik yaitu Kampung adat Bena. Bena adalah sebuah kampung adat di Ngada, Flores, NTT yang masih menjaga tradisi leluhur dan keunikan rumah adatnya yang masih asli serta terdapat batu megalitik yang dijadikan sebagai tempat dilaksanakannya ritual. 


Jika dilihat dari udara, kampung ini berbentuk seperti patahan perahu yang memanjang dari utara ke selatan. Kampung ini semacam gerbang lokomotif waktu yang membawa siapapun mundur menuju kehidupan ribuan tahun silam. 


Terdapat banyak simbol adat, megalit (dolmen, menhir dan punden berundak), banyak kerajinan tangan yang dikerjakan oleh masyarakat secara tradisional misalnya: kain tradisional dari pewarna alam dan souvenir bambu.


Keramahtamahan masyarakat adatnya menjadi faktor utama dalam usaha wisata. Sampai saat ini, masyarakat masih melestarikan kampung adat ini. Kampung ini persis terletak di bawah kaki gunung Inerie. Inerie diyakini sebagai ibu yang mampu melindungi. Dengan corak menyerupai segitiga utuh, Gunung Inerie menambah keindahan dari Kampung Bena itu sendiri. 


Adapun obyek wisata lain pendukung kegiatan wisata budaya di Kampung Bena, misalnya air hangat Wae Wewu, Air Terjun Roba Kuda, Manulalu panorama, Air Panas Keli. 


Matrilineal menjadi sistem kekerabatan orang Bena yang keturunannya mengikuti garis keturunan perempuan. Akibat pandemi, sangat membawa dampak bagi masyarakat adat Bena. Terutama tingkat pendapatan yang diperoleh. Hal ini disebabkan karena kurangnya atau bahkan tidak ada wisatawan yang berkunjung ke kampung adat Bena ini. 


Dampak positif dengan adanya pariwisata sangat membawa nilai plus untuk masyarakat Bena sendiri terutama dalam hal melestarikan warisan leluhur, memberdayakan kehidupan masyarakat adat dan peningkatan pendapatan masyarakat yang mengarah pada kesejahteraan masyarakat Bena itu sendiri. (*)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa