Dukung Digitalisasi Daerah, Pj Wali Kota Resmikan Bemo Digital Kota Kupang

Pemred Liputan NTT
0

 

Kupang, LIPUTANNTT.com,Dalam rangka mendukung digitalisasi daerah Pemerintah Kota Kupang bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT dan Bank Negara Indonesia (BNI) meresmikan Bemo Digital Kota Kupang. Peresmian oleh Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestly Funay,SE.,M.Si, berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang,Jumat (16/08). Acara tersebut diawali dengan sosialisasi tentang Cinta Bangga Paham Rupiah (CPB) dan penggunaan aplikasi Qris kepada para sopir angkot. Peresmian ditandai dengan uji coba transaksi pada bemo yang sudah terdaftar sebagai merchant Qris dan dilanjutkan dengan flag off pelepasan bemo.


Hadir dalam acara tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia Perwakilan Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati, Branch Manager BNI Kupang, Nyoman Nariadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius Repelita Lega, SH, Kepala Dinas Perhubungan Kota Kupang, Bernadinus Mere, Ap., M.Si, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kota Kupang dankurang lebih 50 orang supir angkot. 


Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Kupang atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Kupang menyampaikan terima kasih dan apresiasi setingi-tingginya kepada Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi NTT dan Bank Negara Indonesia Kupang (BNI) yang telah mengagas kegiatan peresmian bemo digital. Menurutnya ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan digitalisasi transaksi pembayaran melalui penggunaan Qris saat transaksi di angkutan umum Kota, dengan keunggulan transaksi nirsentuh yang cepat, mudah, aman dan handal. Program ini juga menurutnya dapat dikatakan sebagai bentuk dukungan Bank Indonesia dalam mewujudkan Kota Kupang sebagai Smart City.


Fahrensy menambahkan pemanfaatan aplikasi seperti Qris perlu diterapkan sehingga transaksi keuangan di berbagai aktivitas ekonomi masyarakat, seperti di pasar, di pusat perbelanjaan bahkan di angkutan kota. “Dengan adanya Qris semua transaksi jadi lebih mudah dan sederhana. Hal ini dikarenakan akselerasi adopsi teknologi digital di Indonesia yang dipicu oleh perubahan  perilaku dan aktivitas masyarakat, yang diikuti dengan berkembangnya model bisnis yang kini tar digitalisasi. Trend pemanfaatan teknologi digital ini terlihat dari meningkatnya berbagai aktivitas secara daring di tengah masyarakat, misalnya belanja online dan penggunaan layanan keuangan digital,” ungkapnya. 


Lebih lanjut, Fahrensy menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Kupang pada prinsipnya siap mendukung peran Bank Indonesia sebagai Satgas percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) untuk mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah. Pemerintah Kota Kupang saat ini sedang berupaya untuk mewujudkan Kota Kupang yang full digital, melalui penciptaan ekosistem sistem pembayaran yang mendukung integrasi ekonomi dan keuangan digital nasional dengan membudayakan transaksi menggunakan Qris serta mendorong pada pelaku usaha untuk menginput dan melaporkan progres pelaksanaan transaksi melalui mesin Electronic Data Capture (EDC). 


Penjabat Wali Kota juga berharap program bermanfaat Ini bisa terus disosialisasikan agar masyarakat baik pelaku usaha angkot dan pengguna jasa angkut bisa memanfaatkan aplikasi ini sebagai metode pembayaran dalam transaksi sehari-hari. Harapannya juga, warga Kota Kupang makin hari makin mengenal dan mengetahui metode transaksi ini, apalagi hampir seluruh warga Kota Kupang memiliki handphone android yang dapat menunjang penggunaan aplikasi dengan melakukan transaksi ini dan semoga program ini menjadi contoh luar biasa bagi daerah lain. “Terima kasih juga kepada seluruh sopir angkot yang sudah bersedia menggunakan program ini. Semoga program ini bisa diakses dan dimanfaatkan oleh semua warga di semua angkutan Kota Kupang, sehingga membawa dampak yang luar biasa bagi peningkatan ekonomi Kota Kupang,” pungkasnya. 


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Agus Sistyo Widjajati, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Kupang yang selalu menjalin kerja sama baik dengan Bank Indonesia untuk membuat berbagai program inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat Kota Kupang. Pada tahap pertama dilakukan pemasangan stiker edukasi CBP Rupiah pada 50 (lima puluh) angkot dan pemasangan QRIS sebagai media pembayaran pada 23 bemo dari total 281  bemo yang ada di Kota Kupang. Ia juga mengatakan bahwa Ke depannya akan terus diupayakan memperluas penggunaan Qris pada seluruh bemo yang ada di Kota Kupang.

Agus berharap pemasangan stiker edukasi CBP Rupiah dan QRIS pada bemo dapat meningkatkan tingkat literasi masyarakat akan pentingnya menjaga uang rupiah dan penggunaan transaksi digital. Ia juga berharap ke depannya jumlah bemo/angkot yang menggunakan QRIS sebagai pembayaran dapat terus bertambah


Diakhir sambutannya, Agus berharap dengan adanya sinergi dalam men digitalisasi pembayaran khususnya pada angkutan Kota dapat memudahkan masyarakat dari segala kalangan dalam proses transaksi pembayaran dan membantu para pelaku usaha angkutan kota untuk meningkatkan pendapatannya.


Secara total hingga Juni 2024, Bank Indonesia mencatat jumlah volume penggunaan Qris di Provinsi NTT mencapai  8,75 Juta kali transaksi meningkat 148% (ytd) sejak Desember 2023, dengan total nominal mencapai Rp 942 milyar meningkat 61% sejak Desember 2023. Sementara itu jumlah merchant yang sudah menggunakan QRIS dalam transaksi nya sudah mencapai 239 ribu merchant dengan pengguna aktif sebanyak 293 ribu pengguna.(*)



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa