Pj. Wali Kota Kupang Buka Festival Budaya Kelurahan Tuak Daun Merah Tahun 2024

Pemred Liputan NTT
0

 

Kota Kupang, LIPUTANNTT.com,Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestly Funay,SE.,M.Si membuka Festival Budaya Kelurahan Tuak Daun Merah  (TDM) Tahun 2024, Kamis (15/08). Pembukaan festival berlangsung di Halaman Gereja Santo Petrus Kelurahan TDM, Kecamatan Oebobo.


Turut mendampingi Penjabat Wali Kota pada acara tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekda Kota Kupang, Daud Noftianus Nafi, S.STP.,MM,  Plt. Camat Oebobo, Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Kupang, Margaritha Salean, Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Kupang, Pommy E. N. Odja, S.STP.,M.Si, Lurah Tuak Daun Merah, Donatus N. Samon, S.Sos dan sejumlah pejabat Lingkup Pemerintah Kota Kupang. Hadir juga dalam acara tersebut, Ketua LPM Tuak Daun Merah, Diksonda Autopah, S.Pd, Pengurus Karang Taruna, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polisi RW, para RT dan RW se-Kelurahan Tuak Daun Merah dan warga. 


Festival Budaya tingkat Kelurahan TDM tahun 2024 ini akan berlangsung mulai tanggal 15 Agustus sampai tanggal 17 Agustus 2024. Acara pembukaan ditandai dengan penyambutan Penjabat Wali Kota dengan penampilan tarian Bonet oleh anak-anak Kelurahan TDM. Selain tarian bonet juga ditampilkan tarian daerah lain seperti tarian Kebalai dan Ja’i. kegiatan tersebut juga akan diwarnai dengan sejumlah pertandingan dan perlombaan, seperti tarik tambang, paduan suara, menari, lomba kebersihan tingkat RT/RW dan lomba mewarnai anak usia 5 sampai dengan 7 tahun. 


Penjabat Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas upaya dan inisiatif serta kerja sama luar biasa dalam mempersiapkan Festival Budaya Tingkat Kelurahan Tuak Daun Merah dengan baik. Menurutnya momen 17 Agustus adalah momen di mana semua unsur harus bersatu, bergembira dan berbahagia merayakannya. Karena itu dia berharap agar Lurah TDM untuk lebih berinovasi dan menjalin kerja sama yang baik dengan masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan semua stakeholder yang terlibat pada tingkat kelurahan. 

Lebih lanjut dikatakan ragam kegiatan yang digelar akan menjadi contoh serta bahan evaluasi bagi pemerintah untuk dapat mempersiapkan event budaya di  51 kelurahan, termasuk dalam mempersiapkan anggaran untuk lebih mendukung Festival Budaya di tahun-tahun mendatang melalui dinas terkait.



Diakhir sambutan, Fahrensy juga berpesan agar Festival Budaya bukan hanya menjadi ajang untuk merayakan kemerdekaan, tapi  juga bisa jadi momen yang bisa digunakan para lurah untuk menghimbau warganya membawa anak-anaknya untuk divaksin polio, agar anak-anak terlindungi dari penyakit dan dapat tumbuh sehat dan menjadi generasi penerus yang tangguh. Selain itu, dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung program-program Pemerintah Kota Kupang, seperti upaya pengendalian inflasi, penanganan stunting, masalah sampah dan kemiskinan esktrem di Kota Kupang. Diakuinya pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, partisipasi dan dukungan dari masyarakat sangat diperlukan untuk mencapai hasil yang optimal. “Mari kita bersama-sama berjuang untuk memastikan bahwa seluruh warga mendapat akses yang adil terhadap kebutuhan dasar dan memiliki kesempatan untuk hidup lebih sejahtera,” pungkasnya.  


Ketua Panitia Festival Budaya Kelurahan TDM, Diksonda Autopah, S.Pd, dalam laporannya menyampaikan  kegiatan Festival Budaya Tingkat Kelurahan TDM sudah menjadi agenda rutin yang dilaksanakan dengan segenap kegembiraan, sukacita dan kebersamaan. Menurutnya kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari.  Pada tanggal 14 Agustus atau sehari sebelum pembukaan Festival, telah dilaksanakan jalan santai Lurah dan jajaran bersama warga TDM, yang dilanjutkan dengan solo budaya, tarian kreasi budaya mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua serta lomba mewarnai untuk anak-anak. 


Dikson menambahkan  kegiatan Festival Budaya Kelurahan TDM, selain dalam rangka memperingati HUT RI Ke-79 dan mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi tanah air, juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan atau kekompakan dan kekeluargaan bagi masyarakat Kelurahan Tuak Daun Merah. Dia juga berharap melalui event budaya ini, masyarakat Kelurahan Tuak Daun Merah juga dapat lebih mencintai adat dan budaya lokal serta dapat membangun kebersamaan dan kerja sama di dalam kehidupan bermasyarakat. Harapan lainnya adalah melalui Festival Budaya ini pendapatan pelaku usaha UMKM dapat terus meningkat.(nm)



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa