Tinjau Pompa Hidram Alila Selatan, Pangdam Udayana : Negara Hadir Untuk Rakyat

Pemred Liputan NTT
0

 

Alor, LIPUTANNTT.com,Dalam agenda kunjungan kerjanya ke wilayah Kodim 1622/Alor, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi bersama Ketua Persit Kartika Candra Kirana PD IX/Udayana Ny. Dian Bambang Trisnohadi berkesempatan untuk meninjau Pompa Hindram, di Desa Alila Selatan, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor, pada Senin (12/8/2024).


Tiba di lokasi, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan disambut oleh Kepala Desa Alila Selatan Ali Dahlas, S.Sos., dan warga dengan penuh keakraban. Dalam sambutannya, Kades Alila Selatan mengucapkan terima kasih kepada Pangdam IX/Udayana yang telah meluangkan waktunya berkunjung ke Alila Selatan.


"Hari ini adalah sebuah kebanggaan bagi warga Desa Alila Selatan sepanjang sejarah NKRI berdiri. Kami sebagai bagian dari masyarakat Indonesia mengucapkan terima kasih, dengan berbagai kesibukan tapi bapak bisa sampai di pelosok Desa Alila Selatan. Kami hanya punya ilmu untuk itu kami sampaikan ungkapan hati ini kepada bapak," ujar Kades.


Lebih lanjut disampaikannya, bahwa masyarakat Desa Alila Selatan merupakan bagian dari wilayah NKRI yang memiliki topografi di atas gunung. Dalam perjalanannya, ada tiga kendala besar yang dialami oleh warga Desa Alila Selatan, yaitu air, jalan dan listrik.


"Dalam peribahasa, Alila Selatan disebut sebagai seorang anak gadis yang duduk di atas puncak gunung dan sudah merias dirinya agar cantik dipandang, namun siang dan malamnya selalu menangis berharap ajalnya datang. Ajal yang dimaksud adalah air, jalan dan listrik," tuturnya.


Menurut Ali, Pompa Hidram inovasi Brigjen TNI Simon Petrus Kamlasi (SPK) tidak hanya menghadirkan air bagi masyarakat, tetapi juga selalu menghadirkan para Jenderal menginjakkan kaki di Desa Alila Selatan yang sungguh jauh terpencil di Nusa Kenari ini.


Ditambahkannya, dari hasil karya atau inovasi Bapak SPK ini, menandakan masyarakatpun sangat mengharapkan adanya pemimpin bangsa dan daerah yang memiliki keprihatinan lewat inovasinya untuk mengatasi kesulitan masyarakat.


"Akhirnya, kami bisa masak, mandi, cuci, dan menanam berbagai jenis tanaman karena hasil inovasi/karya Bapak SPK. Hasil inovasi ini tidak hanya hadirkan air, tetapi bapak bintang-bintang pun ikut hadir di Alila Selatan bila berkunjung ke Alor," tandasnya.


Sementara itu, Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya mengatakan bahwa setiap wilayah mempunyai potensi sumber daya alamnya dan juga kesulitannya masing-masing. Dengan dibangunnya Pompa Hidram ini, semoga dapat membantu mengatasi kesulitan khususnya air bersih di masyarakat.


"TNI AD selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan solusi bagi permasalahan yang ada. Berbagai program kita laksanakan, salah satunya Program TNI AD Manunggal Air ini yang menjadi program unggulan," ungkap Pangdam.


Disebutkannya, bahwa TNI AD sudah membangun ribuan titik Sumur Bor dan Pompa Hidram. Di wilayah Kodam IX/Udayana sendiri pihaknya sudah membangun 80 titik sumur bor dan 390 pompa hidram.


"Di Desa Alila Selatan saat ini sudah hadir Pompa Hidram. Jika kita baca di tulisannya, bahwa negara hadir untuk rakyat, jadi ini sebagai bukti bahwa TNI sebagai perwakilan dari negara sudah hadir di daerah-daerah terpencil, tertinggal dan terluar, termasuk saat ini di Desa Alila Selatan," pungkas Pangdam.


Pangdam berpesan agar Pompa Hidram ini dirawat dengan baik sehingga menjawab kesulitan air seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa dalam sambutannya. Pihaknya juga siap membantu kesulitan masyarakat melalui peran para Babinsa yang ada di wilayah.


Usai memberikan sambutan, Pangdam berkesempatan untuk menyerahkan bantuan dana kepada Kepala Desa Alila Selatan, serta bingkisan kepada perwakilan masyarakat dan anak-anak sekolah. Pangdam juga melaksanakan penanaman Pohon Kelapa pertama di halaman Masjid Nurul Jihad Tinahine Desa Alila Selatan.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danrem 161/Wira Sakti, Asops Kasdam IX/Udayana, Aster Kasdam IX/Udayana, Kasi Ops Kasrem 161/WS, Dandenpom IX/1 Kupang, Dandim 1622/Alor, Kasmin Pangdam, Babinsa Desa Alila Selatan, serta tamu undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa