UMKM NTT Ikut Pameran JITEX 2024, Pemprov NTT Diapresiasi

Pemred Liputan NTT
0

 


Kupang, LIPUTANNTT.com,Sejumlah hasil karya desainer Erwin Yuan ditampilkan dipertunjukan busana bertajuk: "Padu Padan Tenun Collection Fashion Show". Acara ini hasil kolaborasi PER-G Group dan Jakarta Experience Board, dan digelar di Perpustakaan Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM), Kamis (8/8/2024).  


Pemrakarsa kegiatan ini yakni tokoh masyarakat asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Fransiscus Go. Kepada media Fransiscus Go menjelaskan, selain sebagai pegelaran busana, kegiatan ini bertujuan mengajak UKM kreatif daerah berkolaborasi dengan Jakarta, guna mendapatkan perhatian lebih luas dari masyarakat, sebagai bukti peduli Jakarta dalam berkolaborasi dengan daerah penghasil ekonomi kreatif.


Pagelaran busana ini mengangkat tema: "Tabu Ije To Kōsaten," yang berarti "Sebuah Persimpangan Waktu dan Tradisi."

Tema ini menyoroti bagaimana tradisi kuno dapat diadaptasi menjadi ekspresi seni dalam fesyen yang relevan dan menarik untuk era saat ini. “Saya menyiapkan konsep yang memadukan keindahan seni klasik dengan sentuhan artistik yang tajam dan pendekatan yang futuristik,” kata Rasyid Shahram, creative director Per-G.


 Heru Budi Harap JITEX 2024 Bawa Produk Lokal ke Mancanegara


Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, dalam sambutannya saat pembukaan JITEX 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (7/8/2024), mengharapkan agar Pameran Jakarta International Investment, Trade, Tourism, and SME Expo (JITEX) 2024, mampu membawa produk lokal ke mancanegara. "Kita harus bangga, produk-produk UMKM kita sebenarnya nggak kalah bagus. Maka dengan JITEX, mancanegara bisa memperhatikan kita untuk melakukan transaksi," kata Heru. 


Dia menjelaskan, JITEX 2024 merupakan kegiatan pertama berskala internasional yang diselenggarakan Pemprov DKI Jakarta, bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo). “JITEX digelar untuk mendukung Jakarta sebagai pusat perdagangan ekspor produk lokal dan UMKM, demi mewujudkan Jakarta sebagai Kota Global Berjuta Pesona,” ujar Heru.


Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, penyelenggaraan pameran tersebut diharapkan dapat menarik pembeli baik lokal maupun nasional, agar mendorong pertumbuhan ekonomi dan memantapkan Jakarta sebagai destinasi utama untuk bisnis dan pariwisata secara global. Sekedar tahu, negara-negara yang ikut pameran tersebut antara lain; India, Malaysia, Polandia, Filipina, Thailand, Laos dan Hongkong. JITEX 2024 yang diikuti 315 peserta itu, diselenggarakan mulai tanggal 7 hingga 11 Agustus 2024. 


 Terima Kasih Pj. Gubernur NTT, Ayodhia Kalake


Tampilnya UMKM asal NTT dalam pameran JITEX 2024 di Jakarta, memberi harapan tersendiri bagi para pelaku usaha tenun ikat NTT. Dai Adnan, mewakili jajaran direktur PER-G mengucapkan terima kasih kepada Pj. Gubernur NTT, Ayodhia Kalake dan Fransiscus Go, yang telah mendukung acara kreatif tersebut. "Tabu Ije" dari Timor menandakan momen transformasi (kesempatan membawa warisan kuno ke kancah global). Sedangkan, "Kōsaten" dari Jepang melambangkan persimpangan ide-ide budaya," kata Dai seraya menambahkan, fashion show ini bukan hanya peragaan, tapi juga perayaan inovasi, menghidupkan tradisi dengan nafas baru. (*)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa