Pj. Gubernur NTT Andriko Susanto Harapkan Lulusan UT Kupang jadi Generasi Muda Yang Cerdas, kreatif dan Inovatif

Pemred Liputan NTT
0

 

 KUPANG,LIPUTANNTT.com,Penjabat Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P  saat menghadiri Wisuda Universitas Terbuka (UT) Daerah Kupang Periode II Tahun Akademik 2024/2025 Ganjil. Adapun pada wisuda yang berlangsung di Ballroom Hotel Harper Kupang Kamis (26/9/2024) 


Universitas Terbuka UT Kupang berhasil meluluskan 566 wisudawan lulusan Program Doktor, Magister, Sarjana, Diploma IV dan Diploma III. Tahun 2024


Pj. Gubernur Andriko dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan/i yang telah berhasil menyelesaikan studi dan meraih gelar akademik. 


“Ini adalah perwujudan dari perjalanan panjang dan usaha keras yang telah dilakukan oleh semua pihak. Keberhasilan ini tidak hanya mencerminkan kemampuan akademis anda, tetapi juga ketekunan, disiplin, dan semangat juang yang tidak pernah padam. Saya berharap ilmu yang telah anda peroleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, dan bangsa. Jadilah generasi muda yang cerdas, kreatif, dan inovatif, serta mampu menghadapi tantangan zaman,” ucapnya.


Pj. Gubernur menyebutkan, UT sebagai perguruan tinggi yang memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat luas, telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Provinsi NTT.


“Melalui sistem pembelajaran jarak jauh, UT telah membuka akses pendidikan bagi masyarakat yang tinggal di daerah terpencil, sehingga mereka dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga di tengah berbagai perubahan dan dinamika dunia yang semakin pesat, pendidikan memegang peranan yang sangat krusial dalam mempersiapkan generasi penerus yang cerdas, kompeten, dan adaptif. Universitas Terbuka Kupang telah berperan penting dalam menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas, terutama bagi masyarakat yang berada di daerah terpencil dan sulit dijangkau,” ujarnya.


Selanjutnya, Ia menyebutkan saat ini NTT masih menghadapi berbagai permasalahan seperti stunting, kemiskinan dan kemiskinan ekstrem serta Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO). 


“Saya mengajak semua pihak untuk terus mendukung dan berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di NTT. Daerah ini adalah potongan surga di Bumi yang belum terasah secara baik, namun ada persoalan mendasar yang harus kita selesaikan, kita masih memiliki presentase kemiskinan ekstrim di angka 3,93% ditahun 2023 yang jauh di atas standar nasional dan stunting kita posisinya 37,9% diurutan 2 tertinggi setelah Papua Tengah, sehingga kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan hilirisasi yang masif. Hari ini, saya mengajak kita semua, mari bergandengan tangan menghapuskan kemiskinan ekstrem dan mengatasi stunting. Harus optimis bahwa NTT Bisa Tangani Stunting dan Hapuskan Kemiskinan Ekstrim,” pungkas Pj. Gubernur Andriko.


Sebelumnya, Rektor UT Kupang, Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D. dalam sambutannya menyebutkan keberhasilan hari ini selain merupakan buah kerja keras dan integritas tetapi juga dukungan keluarga dan orang-orang tercinta.


“Kesuksesan hari ini merupakan dukungan dari berbagai pihak, Oleh karena itu pada momentum berbahagia ini mari kita doakan semoga semua hasil usaha untuk mendukung kesuksesan Bapak dan Ibu semua diberkahi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu, pada kesempatan ini saya juga menyampaikan bahwa UT merupakan perguruan tinggi yang didirikan oleh Pemerintah untuk pemerataan akses pendidikan tinggi yang berkualitas bagi seluruh masyarakat melalui penerapan pendidikan jarak jauh,“ jelasnya.


Untuk diketahui, pada kesempatan ini turut dilaksanakan penyerahan bantuan pendidikan oleh Ikatan Alumni UT Wilayah Kupang – NTT kepada 10 orang Mahasiswa berprestasi dari UT yang salah satunya diterima oleh Mahasiswa Program Studi S1 Ilmu Administrasi Bisnis, atas nama Flanuari Yeriko Daud yang telah berhasil meraih medali perunggu pada Cabang Olahraga Tinju di ajang PON XXI Aceh – Sumut Tahun 2024.(*/ar)


Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa