Tahun Ini Student Day Fisip Undana Akan Dilaksanakan Awal September 2024

Pemred Liputan NTT
0


 Kupang, LIPUTANNTT.com, Pada tahun ini, student day Fisip Undana rencananya akan mulai dilaksanakan pada tanggal 7 September 2024. Sebagai persiapannya, panitia student day melakukan gladi bersih pada tanggal 31 Agustus 2024 di lapangan kampus Fisip Undana.


Kegiatan ini berjalan lancar selama persiapan sampai dengan pembukaan awal gladi yang diikuti oleh mahasiswa baru dari semua Program Studi Strata Satu (Prodi S-1) yang ada di Fisip Undana, yakni, Prodi Admnistrasi Negara, Administrasi Bisnis, Ilmu Politik, Ilmu Komunikasi, dan Sosiologi. 


Setelah pembukaan awal yang mana semua mahasiswa baru dari seluruh prodi yang disebutkan di atas masuk ke dalam lapangan tempat kegiatan, acara yel-yel dan interaksi di antara sesama mahasiswa baru lintas prodi berjalan dengan baik dan penuh kegembiraan.


Kegembiraan tersebut terhenti sejenak karena terdapat salah satu mahasiswa baru yang merasa kurang sehat sehingga harus dibawa keluar tempat kegiatan untuk mendapatkan perawatan. Kegiatan kemudian dilanjutkan kembali.


Akan tetapi pada saat kegiatan baru saja dilanjutkan, terjadi provokasi oleh oknum tidak dikenal dalam bentuk lemparan batu dari luar ke dalam lapangan tempat kegiatan di mana terkonsentrasi seluruh mahasiswa baru dan panitia student day yang bertugas.


Akibat lemparan batu tersebut, seorang mahasiswa baru mengalami cedera ringan dan terjatuh yang menyebabkan seluruh mahasiswa baru bereaksi secara spontan mencari pelaku pelemparan batu ke arah datangnya batu.


Pada saat inilah kemudian terjadi ketegangan dan salah paham di antara mahasiswa baru Prodi Administrasi Bisnis dan mahasiswa baru prodi-prodi lainnya. Sejumlah mahasiswa baru yang berdiri hendak mengevakuasi korban lemparan batu dan sejumlah lain mahasiswa baru yang berusaha mencari pelaku pelemparan batu dikira sedang bergerak hendak membuat keributan dengan mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis. Saat itulah keributan dan kericuhan mulai terjadi yang menimbulkan kepanikan mahasiswa baru lainnya.


Panitia dan pihak keamanan kemudian berusaha meredam dan melerai keributan dan kericuhan. Akan tetapi keributan dan kericuhan menjadi tidak terkendali sehingga upaya yang dilakukan adalah mengevakuasi mahasiswa baru yang mulai panik ke luar lapangan. Mahasiswa baru Prodi Administrasi Bisnis menjadi yang pertama keluar untuk berlindung ke Gedung Prodi Administrasi Bisnis yang kebetulan letaknya paling dekat dengan tempat terjadinya keributan dan kericuhan. Sementara mahasiswa baru dari prodi-prodi lain yang masih terkonsentrasi di dalam lapangan tempat kegiatan berupaya mencari jalur evakuasi ke arah dan pintu yang lain.


Tak lama berselang, tiba-tiba sejumlah oknum mahasiswa baru dari halaman Gendung Prodi Administrasi Bisnis melakukan tindakan anarkis dengan melemparkan batu ke dalam lapangan tempat kegiatan di mana masih terkonsentrasi sejumlah besar mahasiswa baru dari prodi-prodi yang lain.


Kepanikan semakin hebat selain karena sejumlah mahasiswa baru di dalam lapangan tempat kegiatan menjadi korban akibat terkena lemparan batu, juga terdapat beberapa mahasiswa baru yang jatuh dan terinjak sesama mahasiswa baru lain yang sedang berlari berhamburan menyelamatkan diri.


Pihak keamanan kampus dan dosen yang ada kembali berusaha untuk meredam kepanikan dan melerai keributan dan kericuhan yang ada, bahkan Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fisip Undana dan Rektor Undana sendiri langsung ikut turun tangan menyelesaikan keributan dan kericuhan tersebut.


Setelah keributan dan kericuhan berhasil diredakan, para korban dibawa ke sejumlah Rumah Sakit (RS). Wakil Dekan II Bidang Keuangan, Kerjasama dan Administrasi Umum Fisip Undana kemudian ikut serta ke rumah sakit untuk menindaklanjuti penanganan mahasiswa baru yang menjadi korban.


Setidaknya sebanyak 7 orang dibawa ke RS Leona, 3 orang ke RS Kartini, dan 3 orang ke RS Siloam. Semua korban yang ada berhasil ditangani sebelum kembali ke rumah masing-masing. 


Atas kejadian ini, Dekan Fisip Undana segera cepat melakukan tindak lanjut dengan menggelar rapat bersama Wakil Dekan I dan II, Kepala Bagian Umum, Kepala Sub Bagian Akademik Fisip Undana, Koordinator Prodi se-Fisip Undana, BEM dan BLM Fisip Undana, Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi se-Fisip Undana, dan Panitia student day.


Rapat membahas tindak lanjut penanganan korban, memahami kronologis dan tindak lanjut penanganan masalah.


Hasil rapat memutuskan sejumlah rekomendasi yang kemudian langsung ditindaklanjuti, yakni, (a) menyediakan biaya pengobatan dan perawatan bagi mahasiswa baru yang menjadi korban pelemparan batu maupun yang jatuh terinjak, (b) melakukan investigasi terhadap perisitiwa keributan dan kericuhan yang terjadi untuk menemukan pelaku provokasi dan pelemparan batu yang menyebabkan mahasiswa baru menjadi korban, (c) menghentikan kegiatan student day untuk tahun ini sembari melakukan evaluasi lebih lanjut dalam berkoordinasi dengan universitas, dan (d) memberikan sanksi tegas kepada para pihak yang terlibat di dalam keributan dan kericuhan. 


Demikian press release ini dibuat untuk menjadi informasi kepada publik sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab kampus menyelesaikan persoalan keributan dan kericuhan mahasiswa baru yang terjadi pada gladi bersih acara student day di Fisip Undana. Atas perhatian dan kerja samanya kami ucapkan limpah terima kasih. Hormat Kami, Dekan Fisip Undana, Dr. Willian Djani, M.Si.(*/RF)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa