Warga Malaka Ambil Air Sampai Soe Kabupaten TTS

Pemred Liputan NTT
0

 

 MALAKA, LIPUTANNTT.com, Warga kecamatan malaka Kecamatan Rinhat desa Biuduk Foho kesulitan air bersih. Saking sulitnya air, menyebabkan warga sekitar desa biuduk foho berjalan satu kilo untuk menimba air. 


Hal ini disampaikan oleh tokoh masyarakat Dominggus Kole saat ditemui media ini Jumat 9 September 2024 bertempat di kampung Halemanek.

" Setiap bulan Februari sampai bulan Juni kami kesulitan air, Sehingga kami harus jalan timba air sepanjang satu kilo di wilayah Timor Tengah Selatan tepatnya di santain. Ada yg menggunakan motor,  mobil,  dan juga ada yang mengambil menggunakan jerigen. Jalan disepanjang mata air sangat menurun tajam sehingga bagi yang tidak punya kendaraan dia pasti sengsara", tuturnya. 


Dilain sisi ada warga juga terpaksa patungan untuk membeli tanki air. Satu tangki  dijual Rp. 150.000 untuk dipakai selama Satu minggu. Jadi kalau selama satu bulan maka warga bisa membeli hingga Rp. 600.000.

" pak,  kami disini  sengsara air. Bukan karena air tidak ada namun jaraknya jauh. Sehingga alternatif yang kami pakai adalah beli tangki dengan cara patungan 3 sampai 4 rumah untuk digunakan selama satu bulan. Jangankan untuk pertanian untuk makan minum dan mandi saja, kami susah apalagi harus urus pertanian.makanya kami hanya bisa harap musim hujan"Jelas Kole yang juga adalah mantan kepala desa. 


Senada dengan Dominggus kole Salah satu warga lain, Martinus Manu yang juga berasal dari kampung sama mengaku jika dampak dari kekurangan air menyebabkan masyarakat kesulitan secara ekonomi. 


" kami disini sangat menderita karena biaya untuk anak sekolah hanya digunakan untuk beli air bersih. Di sini kalau warga yang mengambil pakai jerigen biasanya mandi memang di mata air. Kami kasian karena kebanyakan anak -anak sekolah"Terangnya.


Dominggus Lakapu warga setempat juga mengakui hal yang sama. Dia mengaku kesulitan air tidak hanya di alami oleh warga biuduk foho namun ada sekitar beberapa desa di 2 kecamatan.  Diantaranya Taaba, leunglot, Saenam, dan biris. Diakatakannya warga sekitar 5 desa ini mengalami hal yng sama. 

"pak,  masyarakat di 5 desa ini sangat kesulitan air. Apa yang dialami desa biudukfoho juga di alami oleh 4 desa lainnya"Jelasnya


Ia berharap pemerintah dan pihak lain yang berkompeten bisa memperhatikan kesulitan air yang dinalami oleh warga. 

"mudah mudahan pemerintah dan juga pihak lain bisa memperhatikan kesulitan air yang kami alami sehingga kami bisa keluar dari kesulitan yang ada" Harapnya. (Tim)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa