Aslat Kasad tinjau Latihan Lapangan Gulbencal Gempa Bumi dan Tsunami Korem 161/Wira Sakti TA.2024

Pemred Liputan NTT
0



Kupang,LIPUTANNTT.com,Kepala Staf Korem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Riko Haryanto, S.I.P, menerima Asisten Latihan Kepala Staf TNI Angkatan Darat Mayjen TNI J. Binsar Parluhutan Sianipar di Kolat (Komando Latihan) Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami Korem 161/Wira Sakti, Senin (14/10/24).


Peninjauan tersebut dalam rangka memantau dan memberikan arahan tentang kesiapsiagaan bencana. Aslat Kasad menekankan tentang mekanisme latihan. keberhasilan latihan adalah Masyarakat harus mengerti tentang latihan ini.


Keberhasilan latihan ini, masyarakat harus mengerti dan faham tentang latihan ini, dimulai dari pemahaman yang baik mengenai potensi risiko bencana di wilayah tempat tinggal mereka. Pendidikan dan penyuluhan mengenai jenis-jenis bencana, potensi dampaknya, dan cara-cara penyelamatan diri dapat meningkatkan kesadaran masyarakat. "Dengan pengetahuan ini, masyarakat dapat mengambil tindakan yang tepat dalam situasi darurat, mengurangi korban jiwa, serta meminimalisir kerugian material", ujarnya.


Selama mengikuti latihan tentunya para peserta sudah memahami dan menguasai berbagai materi. Dengan demikian para peserta diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi guna membantu Pemda dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana alam gempa bumi secara berhasil dan berdaya guna,” ungkapnya


“Hal ini saya sampaikan mengingat keberhasilan dari pelaksanaan tugas ditentukan oleh kesempurnaan latihan sesuai prosedur mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan pengakhiran. Selanjutnya, kaji ulang serta evaluasi yang telah dilaksanakan sebagai penyempurnaan Latihan Lapangan yang akan datang maupun dalam pelaksanaan tugas,” pungkasnya.


Turut hadir dan mendampingi, Danrindam IX/Udayana, Kasrem 161/Wira Sakti, Kalak BPBD Provinsi NTT, Para Kasi Kasrem 161/Wira Sakti serta pelatih dan penilai pelaksanaan latihan lapangan.(Penrem)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa