Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami Korem 161/Wira Sakti Tahun 2024, Resmi Dibuka.

Pemred Liputan NTT
0

 

KUPANG, LIPUTANNTT.com,Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami Korem 161/Wira Sakti Tahun 2024 resmi dibuka pada Apel Kesiapsiagaan latihan lapangan di arena Expo Kota Kupang, Senin (14/10/2024)


Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni,S.I.P., M.Si dalam amanatnya yang dibacakan Kasrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Riko Haryanto,S.I.P menyampaikan tujuan dari pelaksanaan latihan lapangan ini.


" Latihan Lapangan Penanggulangan Bencana Alam ini merupakan bagian dari mekanisme pembinaan satuan yang dilaksanakan TNI AD. Adapun tujuan latihan ini adalah meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Korem 161/Wira Sakti dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal hal keterpaduan,kerja sama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan teknik Olah Yudha dan Pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta komando dan pengendalian operasi bersama pemerintah dan lembaga non pemerintah dalam menghadapi permasalahan bencana alam di wilayah," tegasnya 


Lebih lanjut dikatakan bahwa pada latihan ini akan divisualisasikan bagaimana Korem 161/Wira Sakti memitigasi dampak bencana alam, yang dalam pelaksanaannya Korem 161/Wira Sakti bersinergi dengan Pemerintah Daerah,Polda, instansi terkait dan stake holder lainnya secara terpadu.


Diantaranya BPBD Prov NTT, Dinas Kesehatan Prov NTT, Dinas Perhubungan Prov NTT, Divisi Regional Bulog NTT,Dinas PUPR Prov NTT, Dinas Sosial Prov NTT, Kantor SAR, BMKG dan instansi terkait lainnya tingkat kotamadya Kupang.


Latihan lapangan ini akan dilaksanakan selama 5 hari, mulai hari ini Senin 14 Oktober 2024 sd Jum'at 15 Oktober 2024. dengan mengangkat tema yaitu  Korem 161/Wira Sakti melaksanakan operasi bantuan Penanggulangan Bencana Alam Gempa Bumi dan Tsunami kepada pemerintah daerah di Prov NTT dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.


Hadir pada kegiatan ini Pj Gubernur NTT diwakili Kalak BPBD Prov NTT, Danrem 161/Wira Sakti diwakili Kasrem 161/Wira Sakti, Kapolda NTT diwakili Dirsamapta Polda NTT, Danlantamal VII/Kupang diwakili Dansatrol , Danlanud El Tari Kupang diwakili Kadispers Lanud El Tari Kupang, Kabinda NTT diwakili Staf Khusus Binda NTT, Kajati Prov NTT diwakili Aspidmil dan sejumlah undangan lainnya.(Penrem)

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa