Provinsi NTT Panen Penghargaan dari Kemenkes RI

Pemred Liputan NTT
0

 

JAKARTA,LIPUTANNTT.com,Provinsi NTT meraih penghargaan sebagai provinsi dengan komitmen pelayanan kesehatan primer terbaik pada acara pemberian penghargaan puskesmas dan launching Pedoman Kerja Puskesmas kegiatan yang bertajuk “Transformasi Puskesmas Menuju Indonesia Emas 2045”. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin kepada Penjabat Gubernur NTT, Dr. Andriko Noto Susanto, S.P, M.P. yang diwakili oleh Staf Khusus Bernard deRosari di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta pada Jumat, (18/10).


Selain menorehkan prestasi membanggakan dengan torehan penghargaan di tingkat Provinsi, Kelurahan Tubuhue – Kabupaten TTU turut memperoleh penghargaan sebagai pemerintah kelurahan dengan komitmen pelayanan kesehatan terbaik. Selain itu, penghargaan lain diberikan kepada Puskesmas Halilulik Belu sebagai puskesmas tempat kaji banding (ILP) terbaik, Puskesmas Wae Nakeng Manggarai Barat sebagai Puskesmas Pedesaan terbaik, Puskesmas Batakte Kabupaten Kupang sebagai puskesmas terpencil terbaik dan Puskesmas Boawae Nagekeo sebagai puskesmas sangat terpencil terbaik.


Sebelumnya, Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam sambutannya menyebutkan, dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggulirkan Transformasi Sistem Kesehatan yang mana salah satu pilarnya adalah Transformasi Layanan Kesehatan Primer melalui pendekatan diharapkan dapat memperkuat layanan promotif dan preventif yang berbasis siklus hidup melalui Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) melalui penyusunan panduan pelaksanaan pelayanan berupa Pedoman Kerja Puskesmas dan Pustu, yang merupakan integrasi dari berbagai pedoman program yang ada di pelayanan kesehatan primer.


"Jadi memang ini (pedoman kerja) perlu pembaharuan, karena fokus kesehatan sebelumnya lebih banyak ke kuratif, bukan ke promotif-preventif yang seharusnya kita lakukan disana, dan hal ini (kuratif-preventif) sudah ditunjuk oleh pendahulu-pendahulu kita,” ungkapnya.


Untuk diketahui, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah provinsi, kabupaten, kota, desa, dan kelurahan yang memiliki Komitmen Layanan Primer terbaik. Turut hadir pada acara ini, Wakil Menteri Kesehatan Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, para Dirjen dan utusan dari puskesmas terbaik tingkat kabupaten seluruh Indonesia.(*)



Tags

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*

Melayani permintaan peliputan dan pemasangan iklan banner. Marketing Director (Email: redaksiliputanntt@gmail.com.Contact Person:081236630013). Alamat Redaksi: Jl. Oekam, RT 13/RW 005 Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang, NTT. Email: redaksiliputanntt@gmail.com. Tlp/Hp: 081236630013 Rekening: BRI: No. Rek. 467601014931533 a.n. Hendrik Missa Bank NTT: No. Rek. 2503210258 a.n. Hendrik Missa